Pages

Monday, April 29, 2019

Motor Listrik Gesits Vs Viar Q1, Pilih yang Mana?

Jarak Tempuh

Viar Q1 diklaim dapat menempuh jarak hingga 60 km. Sedangkan Gesits bisa menempuh jarak hingga 50 km per baterai, jika menggunakan dual battery maka jarak tempuhnya mencapai 100 km. Untuk jaringan swap baterai Gesits sudah termasuk dalam perencanaan. Lama pengisian baterai Q1 membutuhkan waktu 5 - 7 jam. Gesits membutuhkan waktu 3-4 jam.

User Interface

Motor listrik Gesits mengadopsi instrumen panel yang bisa tersambung ke aplikasi smartphone nantinya. Salah satu fitur yang akan ada adalah memperlihatkan navigasi di instrumen panel. Sementara itu Viar Q1 tidak memiliki konektivitas dengan smartphone, namun, user interface-nya sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Masa Garansi

Masa garansi yang ditawarkan oleh masing-masing APM bisa memberikan rasa peace of mind, terutama bagi konsumen awam yang berada di masa transisi dengan teknologi baru. Viar Q1 menawarkan garansi selama 1 tahun yang meliputi komponen elektronik seperti motor elektrik, baterai, dan controller. Sementara itu, Gesits menawarkan garansi selama 3 tahun yang meliputi unit dan baterai.

Simpulan

Kedua motor listrik ini sebenarnya tak bisa dikomparasi secara langsung. Keduanya memang sama-sama berbentuk skutik, namun keduanya memiliki karakter yang berbeda.

Dari sisi tenaga saja sudah terpaut jauh, Q1 bertenaga 800 watt, Gesits bertenaga 2.000 watt yang bisa mencapai 5.000 watt jika dibutuhkan. Perbedaan tersebut akan terasa saat Anda hendak berkendara secara agresif, atau jika berboncengan. 

Lalu dari sisi harga, Q1 dibanderol Rp18 juta on the road Jakarta, sedangkan Gesits Rp24,95 juta off the road. Memang Gesits dibanderol lebih mahal, namun dari segi spesifikasi memang di atas Q1. Selain itu, Gesits memiliki rencana untuk menerapkan jaringan battery swap di masa mendatang, meski belum diketahui kapan pastinya.

Mana yang lebih baik? Tentu disesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang tersedia. Yang pasti, keduanya membutuhkan apresiasi dan dukungan dari konsumen agar motor listrik dapat berkembang dan diterima oleh masyarakat Indonesia.

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2V3sw9d
April 29, 2019 at 04:03PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2V3sw9d
via IFTTT

No comments:

Post a Comment