Pages

Sunday, April 28, 2019

Para Jagoan Silat Dunia Beradu Kesaktian di Garut

Ketua Paguran Silat Kasundan Cecep Arif Rahman menambahkan, sejak pertama kali digelar tahun lalu, hajatan Internasional Silat Camp, langsung mendapat sambutan positif masyarakat. “Para penonton yang datang tidak hanya dari Garut, tetapi dari luar Garut juga,” kata dia.

Untuk tahun ini, gelaran hajatan akbar pesilat tangguh itu, diikuti peserta dari Belanda, Perancis, Inggris, Suriname, India, Turki, Hongkong hingga Texas, Amerika Serikat. "Ada juga perwakilan beberapa negara yang baru datang hari ini," kata dia.

Mereka sejak sepekan terakhir, telah menginjakan kaki di tatar tanah sunda Garut, sambil menikmati suasana wisata kota Intan. “Buat mereka Garut adalah pengecualian, jadi selain mengajarkan silat, mereka juga sambil menambah keterampilan silatnya,” papar aktor Hollywood untuk film The Raid 2 tersebut.

Untuk memeriahkan acara, tak ketinggalan panitia sengaja mengundang, perwakilan pesilat tangguh dalam negeri dari wilayah Sumatera Barat, Makassar dan Jawa Barat.

Ketiga ujar Cecep, merupakan tiga wilayah utama di tanah air, sebagai pusat kebudayaan silat sejak lama. "Bukan mengecilkan peran wilayah lain, namun sejarahnya silat Indonesia dimulai dari tiga wilayah tadi," ujarnya.

Mereka akan memberikan choching clinik dengan berbagai jurus silat yang cukup menghibur penonton yang datang. “Ada juga pertunjukan dengan mengunakan teknik senjata, termasuk ngibing atau tampilan jurus diiringi musik,” ujar rekan main Iko Uwais, dalam perannya di film 'Berandal' tersebut.

Selain aksi pertunjukan silat, dalam puncak acara yang akan dilaksanakan hingga 30 April mendatang itu, ditampilkan pula beberapa kesenian budaya lokal lainnya.

"Ada karinding, bahkan pertunjukan kekinian seperti freestyle motor juga kita tampilkan di area luar pertunjukan," ujar Memet.

Namun dari seluruh kegiatan Internasional Silat Camp tahun ini, suguhan sekitar 600 benda pusaka, akan menjadi sorotan tersendiri bagi warga. Di sana mereka bisa menyaksikan langsung, deretan senjata tajam khas nusantara, yang konon ada penunggunya.

Bahkan satu senjata utama ‘Ciung Wanara’, menyerupai golok, memiliki ukuran super jumbo, Dengan panjang 14 meter, berat 1 ton, dengan bahan besi pamor atau bahan dasar keris berkualitas, sengaja bakal dipajang untuk pengunjung.

"Malam ini sedang dalam perjalanan ke Garut, saksikan semuanya nanti di SOR Ciateul," ujarnya Memet.

Cecep berharap, dengan sejumlah pertunjukan silat yang ditampikan, masyarakat cukup terhibur penuh sukacita. "Ada sebuah kebanggan bagi warga, ternyata silat Indonesia disukai masyarakat dunia," ujarnya.

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2DCoLNv
April 28, 2019 at 10:00PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2DCoLNv
via IFTTT

No comments:

Post a Comment