Pages

Monday, May 20, 2019

Pengembang Ini Jadikan Bintaro Jaya Sebagai Kawasan TOD

Liputan6.com, Jakarta Pengembang PT Jaya Real Property Tbk (JRP) mengembangkan kawasan Bintaro Jaya menjadi kawasan hunian berbasis Transit Oriented Developtment (TOD).

TOD merupakan salah satu pendekatan pengembangan kota yang mengadopsi tata ruang campuran dan maksimalisasi penggunaan angkutan massal seperti Busway, Kereta api kota (MRT), Kereta api ringan (LRT), serta dilengkapi jaringan pejalan kaki atau sepeda.

"Bintaro Jaya saat ini telah dikembangkan menjadi kawasan hunian yang nyaman dan terintegrasi berbasis Transit Oriented Development (TOD)," ucap General Manager PT Jaya Real Property, Hari Suprianto dikutip keterangannya di Jakarta, Senin (20/5/2019).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebelumnya memang mendorong pengembang swasta untuk berperan aktif membangun kawasan mix-use (pemukiman, jasa, dan komersial) yang diintegrasikan dengan simpul transportasi publik atau dikenal dengan konsep Transit Oriented Development (TOD).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, konsep TOD merupakan salah satu solusi terhadap isu kemacetan di kota besar sejalan dengan Program Satu Juta Rumah untuk memenuhi kebutuhan hunian bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

"Sebenarnya tidak hanya pada integrasi moda transportasi, tetapi nanti arahnya juga ke pengembangan kawasan dan kota (urban development) sekaligus untuk pengurangan kawasan kumuh perkotaan," ujar Menteri Basuki dalam sebuah pernyataan tertulis, Jumat (10/5/2019).

Penerapan TOD sendiri telah dilakukan Kementerian PUPR bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sejak April 2017, ditandai dengan pembangunan hunian vertikal Rusunami di Stasiun KRL Tanjung Barat dan Pondok Cina.

Animo masyarakat yang sangat baik terhadap konsep ini lantas membuat penerapan TOD kembali diluncurkan di tiga stasiun lain, yakni Stasiun Senen, Juanda dan Tanah Abang.

Reporter: Idris Rusadi Putra

Sumber; Merdeka.dom

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2VxSUDK
May 20, 2019 at 05:41PM from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com http://bit.ly/2VxSUDK
via IFTTT

No comments:

Post a Comment